Perkembangan Trend Fashion Muslim di Indonesia

posted in: Uncategorized | 0

trend fashion muslim 2018, trend fashion muslim remaja 2018, trend fashion muslim wanita 2018, trend fashion muslimah, trend fashion muslim 2018 di indonesia, trend fashion muslim lebaran 2018, trend fashion muslim pria 2018, trend fashion atasan muslim, trend fashion anak anak muslim, trend fashion muslim artis.

Mengenai Negara Indonesia apa sih yang terlintas di benak kalian? Negara di Asia Tenggara yang di lintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia kah? Negara dengan kepulauan terbesar di di dunia kah? Negara yang memiliki penduduk terbesar keempat di dunia kah? Negara yang kaya akan SDA dan SDM nya kah? Iya, benar. Memang itu semua benar. Namun, ada hal yang paling penting dari itu yaitu Negara Indonesia merupakan Negara yang memiliki penduduk Muslim terbesar di dunia, lho. Bangga dong ya jadi warga Negara Indonesia.

Di era tahun 1900-an, pakaian Muslim terutama bagi wanita jarang banget di temukan penggunaan nya dan di anggap terlalu fanatik. Sehingga akhir nya tidak banyak wanita yang merasa percaya diri mengenakan jilbab atau saat ini lebih di kenal dengan hijab. Penggunaan hijab terkesan kuno dan hal itu membuat tidak ada garis muda yang mau mengenakan jilbab. Namun itu semua adalah masa lalu.

Jika kita melihat di masa sekarang, kita banyak menemukan fakta bahwa di Indonesia trend fashion Muslim itu sangat lah di gemari, tidak lagi terkesan kuno, malah terkesan modis yang tersemat pada berbagai macam pakaian Muslim. Saya akui, memang kini perkembangan fashion Muslim di Indonesia sangat cepat, hingga akhir nya kini Indonesia di sebut-sebut akan menjadi kiblat fashion hijab di seluruh dunia. Untung nya Indonesia memiliki banyak talenta muda berbakat yang berdedikasi menyumbangkan ide cemerlang nya dalam bidang fashion, sehingga bisa merubah pakaian Muslim yang tadi nya kuno menjadi sebuah pakaian yang modis dan trendi. Dan dengan begitu, bertambah banyak lah jumlah wanita yang mengenakan hijab di Indonesia. Bahkan sebagai dampak dari perkembangan fashion Muslim di Indonesia bermunculan juga komunitas Hijabers yang merupakan komunitas para wanita pengguna hijab trendi.

Saat ini, hijab menjadi sebuah kebutuhan yang tidak terpisahkan dalam kehidupan wanita Muslim di Indonesia. Bahkan sekarang ini banyak sekali kita temui berbagai macam jenis model baju Muslim hijab terbaru dalam kehidupan kita sehari-hari. Berkat desainer yang telah memperkenalkan hijab hingga ke seluruh dunia maka nya pakaian yang dulu identik dengan sesuatu yang ketinggalan zaman, kini bertransformasi menjadi salah satu pakaian yang paling popular di Indonesia. Bahkan masyarakat dari belahan Negara lain yang non muslim pun kini ikut tertarik dengan jenis pakaian Muslim yang begitu modis. Dengan model yang beragam, warna dan motif nya sehingga terlihat unik membuat para wanita Muslim di Indonesia mulai beralih menggunakan pakaian Muslim.

Kesadaran wanita Muslim dalam berpakaian tertutup sesuai dengan ajaran Islam seutuh nya. Hal ini membuat para wanita Muslim di Indonesia mulai beralih menggunakan sebagai pakaian sehari-hari mereka. Oleh karena itu, hal ini menjadikan hijab menjadi suatu trend popular dari tahun ke tahun yang menguntungkan bagi sebagian pelaku bisnis fashion di dunia. Hijab yang merupakan inti dari pakaian Muslim itu di buat dengan fleksibel sehingga bisa memungkinkan wanita mengenakan hijab dengan berbagai model sehingga bentuk hijab menjadi sangat manis dan tidak monoton. Dengan ada nya hijab yang demikian maka memberikan peluang bagi wanita Muslim untuk tampil lebih kreatif dengan cara menggunakan hijab nya yang sesuai dengan keinginan nya, namun tetap mengindahkan aturan agama Islam dalam berpakaian. Pun dengan model pakaian yang ada untuk para wanita Muslim, di buat sangat kreatif oleh para desainer tersebut mulai dari yang kasual sampai yang formal. Dengan begitu, banyak sekali pilihan pakaian Muslim yang bisa di gunakan dalam keseharian.

Namun sekarang bahkan banyak juga yang memakai pakaian syar’i. Dan itu sangat popular dan banyak di gemari oleh sebagian wanita Muslim di Indonesia, lho. Dimana jilbab syar’i ini bentuk nya lebih panjang dari jilbab pada umumnya serta baju nya lebih dalam pula dengan lengan panjang hingga mata kaki dan ini biasa di sebut baju syar’i.

Istilah yang tepat untuk zaman sekarang ini adalah Menghidupkan lagi model lama. Jika di perhatikan, penutup kepala dengan model seperti itu sangat terlihat sederhana, tidak berlapislapis dan sesuai dengan ajakan dari kalangan pemuka Islam yang meyakini bahwa setiap wanita wajib mengenakan penutup kepala yang simple, cantik tetapi tetap syar’i. model jilbab syar’i itu sebenar nya sama. Cuma di putar ulang. Jilbab syar’i itu kan mirip model pada zaman dulu.

Bukan cuma itu saja, lho. Wanita Muslim yang berpakian syar’i malahan ada yang memakai handsock juga. Menggunakan handsock merupakan hal yang wajib di lakukan oleh seorang wanita Muslim yang benar-benar mau berhijrah. Kenapa begitu? Sebab, apapun aktivitas yang sedang kita lakukan, tanpa sengaja pasti pergelangan tangan kita tidak sengaja tersingkap dari lengan baju kita yang panjang. Tentu saja jika sudah tersingkap maka nampak lah aurat tersebut oleh banyak orang. Jadi, sangat di anjurkan sekali untuk menggunakan handsock ini untuk menutupi aurat bagi seseorang yang ingin hijrah agar hijrah nya sempurna. Begitu juga dengan kaus kaki nya agar selalu di pakai, supaya aurat kita tetap terjaga.

Seiring berjalan nya waktu, beberapa dari wanita Muslim yang mengenakan pakaian syar’i, juga mengenakan cadar serta niqab. Dulunya, cadar dan niqab ini di pandang sebagai sesuatu yang asing, aneh, ekstrem, seakan terbelakang dan di nilai menyerupai pakaian orang-orang Arab. Bahkan, ada juga yang bilang seperti teroris. Nauzubillah. Keasingan menutup aurat seperti itu, memang telah di ingatkan oleh Rasulullah SAW yang artinya: “Islam muncul dalam keadaan asing, dan akan kembali dalam keadaan asing, maka beruntung lah orang-orang yang asing itu.” (H.R. Muslim).

Bahkan ada juga yang membuat masker yang biasa nya untuk mencegah kita dari debu, menghindari orang dari flu, kini sebagai cadar bagi mereka.

Berkembang nya niqab, di Indonesia sendiri masih menimbulkan pro dan kontra pendapat. Mulai dari sulit nya di terima masyarakat hingga tuntutan agar para niqabis tampil sempurna tanpa kesalahan. Jika di temukan satu celah kesalahan, maka tidak sedikit sindiran dan cacian yang di terima nya. Salah satu nya adalah kasus niqabis selfie.

Nah, yang satu ini nih lagi hits banget di kalangan kaula muda, yaitu khimar. Khimar merupakan jilbab instan langsung pakai. Nyaman di pakai tanpa harus memodel nya. Ada juga yang memakai tali ikat belakang seperti jilbab zaman dulu. Trend nya kembali seperti dulu yang sangat simple dan praktis. Dan tentu nya juga di desain dengan berbagai corak, motif dan warna yang unik pula. Banyak wanita Muslim yang mengenakan nya dan membuat nya tampil kekinian.

 

Leave a Reply