Tips nyaman dan anti gerah dalam berhijab syar’i

posted in: Artikel, hijab syar'i | 0

Tips nyaman dan anti gerah dalam berhijab syar’i

tips anti gerah hijab syar'i
       

Bagi anda para wanita yang berhijab,tentunya menggunakan hijab yang sesuai dengan syariat islam atau biasa dikenal dengan sebutan Hijab Syar’I merupakan sebuah tantangan tersendiri.Banyak dari anda yang tidak siap harus menggunakan hijab secara menyeluruh seperti ini.Alasannya pun beragam mulai dari kondisi pekerjaan yang tidak memungkinkan,sampai alas an gerah karena kondisi rambut yang tertutup selama beraktivitas.Sebentar lagi Bulan Ramadhan tiba,tentunya anda tetap ingin menutup kepala dengan nyaman bukan?

1.Usahakan rambut dalam keadaan kering sebelum memakai hijab
Bagi anda yang sering berkeramas karena aktivitas luar ruangan yang membuat keringat keluar tanpa terkontrol, maka salah satu langkah yang dapat anda lakukan adalah dengan mengusahakan agar rambut anda dalam keadaan kering sebelum mengenakan hijab. Gunakanlah handuk kering khusus untuk mengeringkan rambut atau hair dryer otomatis agar rambut anda lebih cepat kering.
Hal ini dilakukan untuk mencegah kerontokan berlebih pada rambut anda. Selain itu, langkah ini juga dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya bau apek dan juga ketombe setelah seharian beraktivitas. Maka dari itu, usahakan untuk mempersiapkan diri minimal 30 menit sebelum anda ke kantor atau melakukan kegiatan lainnya.
2.Cobalah untuk memilih bahan hijab yang memiliki daya serap keringat tinggi
Biasanya, menggunakan hijab syar’i identik dengan keringat yang berlebih yang bisa membuat rambut cepat lepek atau kepala menjadi gatal. Jika tidak ditanggulangi, keringat berlebih ini dapat menyebabkan kerontokan dan juga ketombe di rambut anda. Bau apek pun bisa disebabkan oleh kepala yang ditutup terlalu lama.
Untuk mengatasinya, anda perlu mempertimbangkan untuk memilih bahan hijab yang memiliki daya serap yang tinggi terhadap keringat. Sehingga, beberapa masalah rambut seperti yang disebutkan di atas dapat dihindari. Jenis bahan hijab yang memiliki daya serap keringat yang tinggi adalah yang berbahan dasar katun atau juga kaos.
Selain itu, hijab berbahan dasar katun maupun kaos lebih cepat kering ketika dijemur, sehingga anda tidak membutuhkan waktu yang lama untuk susah-susah mencucinya lewat binatu. Cukup direndam dan diperas, lalu dijemur di bawah sinar matahari selama beberapa jam, maka hijab pun siap digunakan kembali. Anda pun dapat berhemat lebih banyak bukan?
3. Rutin keramas dengan shampoo berbahan natural
Selain dua langkah di atas, anda juga perlu mempertimbangkan untuk beralih ke shampoo berbahan natural seperti ginseng, susu kambing, atai juga teh hijau sebagai substitusi perawatan rambut anda. Shampoo berbahan dasar natural terbukti lebih aman bagi rambut, karena dapat meminimalisir terjadinya alergi pada kulit kepala anda.
Untuk menambah khasiatnya, anda juga dianjurkan untuk menggunakan masker rambut berbahan dasar alami seperti lidah buaya, yoghurt, atau bahan lainnya untuk menutrisi rambut agar kembali sehat setelah setiap hari ditutup menggunakan hijab syar’i. Lakukan hal ini minimal seminggu sekali ketika anda tidak sedang melakukan kegiatan dengan mobilitas yang tinggi. Selain menutrisi rambut, masker rambut alami juga menciptakan efek rileks yang anda butuhkan setelah setiap hari harus beraktivitas.

Leave a Reply