Bisnis Bucket Hijab yang Menginspirasi, Bermodal Rp1,5 Juta Untungnya 2 Kali Lipat

posted in: Artikel | 0

Tujuan seseorang dalam membangun bisnis banyak macamnya, antara lain untuk menyalurkan bakat. Apalagi jika orang tersebut jeli dalam melihat sebuah peluang, maka keuntungan yang didapat akan berlipat.

Itulah yang dialami Rachil Ichwan. Rachil sehari-hari berprofesi sebagai pengajar di salah satu sekolah swasta wilayah Tangerang Selatan. Tetapi selain menjadi pengajar, Rachil juga memiliki hobi design dalam bidang fashion yang dia curahkan dalam bentuk bisnis sampingan.

Dengan bermodalkan Rp1,5 juta, dia mencoba untuk memberanikan diri memulai usaha. Hijab menjadi pilihan utama Rachil. Alasannya, hijab merupakan sebuah kebutuhan bagi wanita muslimah dan design-nya yang terus berkembang sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi penggunanya.

Di sela-sela mengajar, Rachil memulai bisnis sampingan sejak 2017, tepatnya pada bulan September. Sebenarnya, niat untuk membuka usaha sudah tertanam sejak lama. “Tapi masih mikir-mikir karena untuk berbisnis butuh modal yang cukup tinggi,”

Dalam perjalanannya, usaha yang digeluti Rachil mengalami pasang surut. Dia pun mencoba melakukan diversifikasi produk. Namun, suatu ketika, Rachil melihat sebuat peluang. Dia terinspirasi untuk membuat bucket hijab dari acara-acara perayaan kelulusan seperti wisuda.

Tanpa pikir panjang, ide segarnya langsung direalisasikan. Kali ini dia menyulap kerudung menjadi tampil lebih cantik dalam bentuk bucket hijab, yakni kerudung yang dirangkai seperti bunga mawar. Dengan hobinya men-design serta mengutak-atik bahan, Rachil berhasil memberikan nilai lebih pada kerudung yang dijualnya.

“Nah, kebanyakan bucket bunga asli bertahan paling hanya sehari-dua hari. Dari situ saya mikir kenapa enggak hijab dijadiin bucket? Setelah itu banyak teman yang suka sama bucket hijab, akhirnya banyak pesanan untuk ulang tahun dan pernikahan,” ujar Rachil.

Dirinya menjelaskan, satu buah bucket hijab bisa menggunakan 1 sampai 6 hijab jenis apa saja, baik itu yang segi empat maupun persegi panjang (pashmina).

Mengenai harga, owner dari pemilik akun Instagram Naira.Hijabs tidak mematok harga terlalu mahal. Satu bucket yang berisi satu hijab dihargai mulai dari Rp50.000 sampai Rp60.000. Harga tersebut dihitung melalui banyaknya kerudung yang dirangkai menjadi bunga

.Kelebihan dari bucket hijab ini, pembeli bisa bebas memilih warna kerudung dan pelapis bucket. Sehingga pelanggan akan mendapatkan rangkaian ‘rose flower‘ sesuai dengan seleranya masing-masing. Dalam memilih bahan, wanita berparas cantik ini juga tidak sembarangan. Dia memastikan memilih bahan kerudung dengan motif dan kualitas yang bagus serta nyaman untuk dipakai.

 

Hari demi hari usaha sampingan tersebut terus dilakoni dan dia berhasil menutupi modalnya. Tidak disangka, langkah kecil yang ditempuhnya dalam mengembangkan usaha sampingan tersebut berbuah manis. Hanya dalam kurun waktu 2 minggu, pesanan pun melonjak. Bahkan pendapatannya sekarang sudah lebih dari dua kali lipat. Ke depannya Rachil ingin terus mengembangkan usahanya dengan membuat aksesoris seperti kalung dan bros.

Leave a Reply