Cara Merawat Hijab Berbahan Voal

posted in: Artikel | 0

1.  Perhatikan jenis voal

Sebelum membeli hijab, perhatikan jenis voal yang dibeli. Sebab ada beberapa jenis voal yang membuat telinga berdengung. Seperti satin voal. Kain tersebut memiliki serat yang padat sehingga lebih berat, panas, dan membuat telinga berdengung.“Sultra ultrafine dan wolpeach lebih enak digunakan. Bahannya lembut, tidak mudah kusut, tegak berdiri, tidak panas, dan tidak membuat telinga berdengung.” Begitu kata Wina kepada Kompas.com di Bandung, belum lama ini. Bahkan, ada kalanya warna ikut memengaruhi kain. “Ada beberapa warna yang membuat kain lebih berat dan tekstur padat,” ucap dia.

2. Jangan gunakan mesin cuci

Hijab voal terkenal lembut. Untuk itu jangan mencucinya dengan mesin cuci karena akan memengaruhi tekstur kain. Sebaiknya, pengguna voal mencucinya dengan cara dikucek sebentar, kemudian dijemur.

3. Jenis sabun

Tidak ada sabun khusus untuk mencuci voal. Kamu bisa menggunakan sabun jenis apa pun untuk mencucinya.

4. Tidak gunakan pelembut

Untuk bahan sultra ultrafine, wolpeach, dan voal umumnya, disarankan untuk tidak menggunakan pelembut pakaian saat mencuci. Sebab kain tersebut teksturnya sudah lembut. Namun, jika pun tetap ingin menggunakan pelembut, Wina menyarankan untuk tidak menggunakan terlalu banyak.

5. Cara menyimpan

Simpanlah hijab voal dengan cara digantung. Kerudung voal memang tidak mudah kusut, sehingga kamu bisa melipatnya sebelum digantung.

6. Penggunaan bros

Bagi yang ingin mempercantik hijab dengan bros, perhatikan ukuran jarum. Karena bagaimana pun bros akan berpengaruh dan bahkan merusak permukaan kain.

 

 

Leave a Reply